Logo

Balai Riset dan Standardisasi Industri Padang

images

Baristand Industri Padang Edukasi Pengrajin Tenun Melalui Diseminasi dan Penyebarluasan Hasil Riset

BALAI Riset dan Standardisasi Industri Padang kembali menyelenggarakan kegiatan Diseminasi dan Penyebarluasan Hasil Riset Tahun 2018 pada hari Jum'at (25/07) dengan mengangkat tema "Pengembangan Potensi SDA dan Aplikasinya pada Industri Songket Melalui Inovasi Teknologi".

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Diseminasi dan Penyebarluasan Hasil Riset Tahun 2018 tidak digelar di kantor Baristand Industri Padang melainkan di Ruang Pertemuan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kota Sawahlunto. Hal ini dilakukan agar hasil riset dapat tersampaikan secara tepat kepada pelaku industri, yakni pengrajin tenun dari berbagai kelompok yang ada di Kota Sawahlunto.

Copy_of_IMG_9204

"Kegiatan ini dilaksanakan agar kami dapat langsung menemui para pengrajin songket sehingga hasil-hasil litbang dari para peneliti dan perekayasa Baristand Industri Padang dapat diakses secara langsung khususnya terkait dengan komoditi gambir, melalui demo penerapan teknologi dan pemberian bimbingan teknis," ungkap Kasie. Pengembangan Jasa Teknik, Yunia Angraeni saat membacakan sambutan Kepala Baristand Industri Padang.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Marwan selaku Kepala Diskoperindag Kota Sawahlunto dilanjutkan dengan pemaparan hasil riset Pewarna Alam dari Gambir serta Teknologi Proses Pewarnaan Benang Tenun dengan Pewarna Gambir disampaikan oleh peneliti Baristand Industri Padang, Sofyan dan Failisnur yang disambut antusias oleh peserta kegiatan. Keduanya menjelaskan proses pengolahan gambir hingga melakukan demonstrasi proses pencelupan benang secara langsung dengan mengajak peserta secara aktif.

Copy_of_IMG_9109

IMG_9203_1 Copy_of_MVI_9072.MOV_000000324

Dalam kesempatan ini pula dilakukan penandatanganan MoU untuk kerjasama riset antara Baristand Industri Padang dengan Kelompok Tenun Dolas Songket yang diwakili oleh Anita Dona Asri.

Copy_of_IMG_9192

Melalui kerjasama ini diharapkan pengrajin tenun, peneliti dan perekayasa Baristand Industri Padang dapat berkolaborasi dalam rangka mengaplikasikan hasil-hasil riset untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas dan diversifikasi produk yang bernilai tambah lebih tinggi. Pengrajin industri diharapkan memiliki kemampuan untuk mengubah bahan baku menjadi barang jadi dengan nilai tambah yang menguntungkan penghasil maupun pengguna, sehingga mampu meningkatkan produktivitas dan daya saing produk yang dihasilkan, membuka lapangan pekerjaan baru, meningkatkan keterampilan para pekerja dan ikut berkontribusi memajukan perekonomian daerah.

 


TAG