Baristand Industri Padang jalin kerjasama dengan Perusahaan Daerah Pakpak Agro Lestari Sumatera Utara
Logo

Balai Riset dan Standardisasi Industri Padang

images

Baristand Industri Padang jalin kerjasama dengan Perusahaan Daerah Pakpak Agro Lestari Sumatera Utara

Baristand Industri Padang dan Perusahaan Daerah Pakpak Agro Lestari (PD. PAL) Sumatera Utara menyepakati Kerjasama Penelitian, Pengujian, Pelatihan dan Penerapan Hasil Riset Gambir. Kerjasama ini dituangkan dalam Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan kedua belah pihak di Kota Medan , Senin, 21 Oktober 2019 bertempat di Emerald Garden Hotel  pada acara Temu Pelanggan Baristand Industri Medan.

Hadir menyaksikan prosesi penandatangan kontrak kerjasama yaitu Kepala Baristand Industri Medan, M. Nilzam dan Kepala Baristand Industri Banda Aceh, Raimon.

Arhamsyah, Kepala Baristand Industri Padang menyampaikan bahwa  Baristand Industri Padang sebagai  lembaga riset dibawah Kementerian Perindustrian dengan fokus penelitian Pangan Berbasis Hasil Pertanian dan Produk Olahan Gambir mempunyai peran dalam  mendukung pengembangan industri berbasis teknologi. Kerjasama dalam rangka meningkatkan dayaguna hasil penelitian dan pengembangan (litbang) ini membuka akses pemanfaatan dan memperluas jangkauan pengguna hasil litbang.

“Kegiatan litbang dilaksanakan untuk mengembangkan ekosistem inovasi yang berfokus pada upaya peningkatan nilai tambah sumber daya alam, substitusi impor dan penguatan daya saing. Pada akhirnya diharapkan hasil litbang dapat berperan dalam penguatan struktur industri nasional, peningkatan rantai nilai dan efisiensi rantai pasok,” ujar Arhamsyah,  Kepala Baristand Industri Padang

“Diharapkan nantinya pemanfaatan hasil litbang di tingkat pengguna dapat mendorong pengembangan dan diversifikasi produk serta peningkatan kualitas dan daya saing baik skala nasional maupu  global,” tambahnya.

Menurut Tigan Solin,  Direktur Utama PD. PAL, pendirian perusahaan bertujuan  untuk membantu masyarakat dalam meningkatan taraf ekonomi berbasis pertanian di Indonesia khususnya di daerah Pakpak Bharat. PD PAL mempunyai visi menjadikan PD. Pakpak Agro Lestari sebagai perusahaan yang mandiri, profesional dan berdaya saing yang berbasis pada pengelolaan sumber daya alam lokal, lanjutnya.

 


TAG

Tinggalkan Komentar