Baristand Industri Padang Lakukan Simulasi Tanggap Bencana Kebakaran bersama Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang
Logo

Balai Riset dan Standardisasi Industri Padang

images

Baristand Industri Padang Lakukan Simulasi Tanggap Bencana Kebakaran bersama Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang

Selasa (12/02/2019), Baristand Industri Padang laksanakan simulasi tanggap bencana kebakaran di lapangan olahraga Baristand Industri Padang. Simulasi dikoordinir oleh Bpk. Dian Sumarta dan beberapa petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang. Pada kesempatan tersebut, para petugas Damkar mendemonstrasikan penggunaan alat pemadam api ringan (APAR) yaitu racun api, mulai dari pengecekan tekanan tabung racun api, cara membuka segel tabung, pengarahan nozzle (pangkal selang), dan cara memadamkan sumber api.

 

APAR jenis racun api yang berisi powder (serbuk kimia) sangat efektif untuk memadamkan api yang bersumber dari bahan yang mudah terbakar (padat, cair, gas) dan korsleting listrik. Racun api ini tersedia dalam berbagai ukuran tergantung luas area penggunaannya, mulai dari ukuran 1 kg, 2 kg, 3 kg, 3.5 kg, 4 kg, 5 kg, 6 kg, dan 9 kg. Alat Pemadam Api Ringan ( APAR ) harus ditempatkan di tempat-tempat yang memiliki intensitas kebakaran yang mungkin terjadi tinggi seperti di laboratorium, dapur, dan di area yang luasnya +- 20 m2.

 

Dengan adanya simulasi ini diharapkan seluruh pegawai Baristand Industri Padang mendapatkan edukasi dan paham seputar tanggap bencana kebakaran dan dapat menerapkannya di lingkungan kerja maupun di tempat-tempat lain jika seketika terjadi bencana kebakaran. “Hal yang terpenting saat menghadapi bencana kebakaran adalah jangan panik”, tegas Bpk. Dian. Semoga kegiatan simulasi ini bermanfaat bagi kita semua.

 


TAG