Inovasi Zat Warna Alam Gambir pada Pameran Litbang Kementerian Perindustrian di Jogja Expo Center
Logo

Balai Riset dan Standardisasi Industri Padang

images

Inovasi Zat Warna Alam Gambir pada Pameran Litbang Kementerian Perindustrian di Jogja Expo Center

Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI), Kementerian Perindustrian menggelar Pameran Litbang Kementerian Perindustrian bertajuk 'Lestari Tradisi melalui Inovasi' pada tanggal 9 s/d 13 Oktober 2019 di Jogja Expo Center (JEC). Pameran ini menampilkan inovasi teknologi yang mendukung industri batik dari unit-unit litbang di bawah BPPI dan perusahaan-perusahaan mitra BPPI.

Baristand Industri Padang sebagai salah satu unit litbang di bawah BPPI juga menampilkan inovasi zat warna alam dari gambir untuk pewarnaan batik. Zat warna alam gambir merupakan produk pewarna alam yang diformulasikan dengan pembangkit warna sehingga menjadi produk yang langsung bisa digunakan sebagai pewarna tekstil.

Gambir adalah sejenis getah yang berasal dari ekstark remasan daun dan ranting tumbuhan gambir (Uncaria gambir Roxb) yang banyak tumbuh di daerah  Kabupaten 50 Kota dan Kabupaten Pesisir Selatan Propinsi Sumatera Barat.  Menurut Kepala Baristand Industri Padang, Arhamsyah, Peneliti Baristand Industri Padang telah melakukan Penelitian penggunaan gambir untuk pewarna tekstil   sejak tahun 2005 dan sampai saat ini masih terus kita kembangkan dan diteliti untuk meningkatkan daya saing produk di dalam negeri.


TAG

Tinggalkan Komentar