Logo

Balai Riset dan Standardisasi Industri Padang

images

Koordinasi Kerjasama Hasil Litbang dengan Diskoperindag Kota Sawahlunto

KAMIS (12/04/2018) lalu, Baristand Industri Padang melakukan kunjungan ke kantor Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kota Sawahlunto untuk melakukan koordinasi terkait kerjasama hasil litbang. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka persiapan kegiatan penyebarluasan hasil riset yang telah dilakukan Baristand Industri Padang serta penyusunan program kerja Baristand Industri Padang Tahun Anggaran 2019.

Baristand Industri Padang yang diwakili oleh Kasie. Pengembangan Jasa Teknik dan Kasie. Program dan Pengembangan Kompetensi disambut baik oleh Kepala Diskoperindag Kota Sawahlunto Bapak Drs. Marwan, M.Pd. serta Kabid. Perindustrian dan Perdagangan Bapak Gustaf, S.S. Dari hasil pertemuan ini, diperoleh sejumlah gagasan kegiatan yang akan ditindaklanjuti untuk mendukung pengembangan kegiatan industri kecil dan menengah di Kota Sawahlunto, terutama industri tenun dan songket, pangan tradisional keripik kubang, serta industri air minum dalam kemasan.

Salah satu program sosialisasi yang tengah digiatkan adalah penggunaan zat warna alam sebagai pewarna tekstil yang ramah lingkungan. Kota Sawahlunto telah dikenal sebagai salah satu penghasil tenun dan songket terbesar di Sumatera. Penggunaan zat warna alam diharapkan dapat meningkatkan mutu dan nilai jual produk tenun dari Sawahlunto serta mengurangi pencemaran lingkungan.


TAG