Logo

Balai Riset dan Standardisasi Industri Padang

images

Optimalkan Promosi dan Publikasi, Baristand Padang Gandeng Harian Post Metro, Padang Ekspres, Rakyat Sumbar dan Padang TV

Era globalisasi saat ini memberikan dampak terhadap pesatnya perkembangan teknologi, meningkatnya arus informasi dan komunikasi, pengetahuan dan kesadaran masyarakat serta dunia usaha yang harus menghadapi berbagai macam persoalan yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Kenyataan tersebut menggiring perusahaan-perusahaan dan lembaga pemerintahan semakin berpacu untuk mengembangkan usahanya dalam persaingan untuk mencapai hasil yang mereka inginkan.

Pers merupakan bagian terpenting dalam mengembangkan suatu perusahaan karena sebagai media komunikasi massa, pers dinilai memiliki kekuatan untuk mempengaruhi opini umum sehingga banyak kalangan yang menilai bahwa siapapun yang mampu menguasai media maka akan memenangkan persaingan.

Peranan hubungan media dan pers dalam kehumasan tersebut merupakan media saluran (channels) dalam penyampaian pesan, upaya peningkatan pengenalan (awareness) dan informasi dari pihak publikasi humas, karena pers memiliki kekuatan sebagai pembentuk opini (power of opinion) yang sangat efektif.

Peranan media massa begitu ampuh dalam menyebarluaskan informasi, tidak mungkin diabaikan oleh humas dalam organisasi apapun. Kegiatan humas tidak akan berhasil tanpa dukungan media massa mengingat perkembangan zaman kea rah keterbukaan dan domokrasi.

Pers membantu perusahaan untuk memperoleh pengakuan masyarakat. Bahkan, bagi sebuah lembaga bisnis dengan konsumen sebagai kekuatan utamanya, lembaga media massa merupakan wahana yang sangat penting, sedangkan bagi pemerintahan, Pers berfungsi untuk meningkatkan citra positif membutuhkan pula peranan media massa, sebab sebuah keberhasilan tanpa diketahui masyarakat merupakan suatu usaha yang sia-sia.

Hubungan pers (press relation) menciptakan pengetahuan dan pemahaman yang bertujuan menyebarkan suatu pesan sesuai dengan keinginan perusahaan induk atau klien demi mendapatkan suatu citra atau sosok yang lebih indah daripada aslinya dimata umum, sehinga pesan atau berita yang disampaikan kepada masyarakat melalui pers sesuai dengan kenyataan yang sesungguhnya. --fgw, gpr--


TAG

Tinggalkan Komentar