Pembahasan Desain Proyek Litbangyasa Tahun 2019 dan Usulan Judul Tahun 2020
Logo

Balai Riset dan Standardisasi Industri Padang

images

Pembahasan Desain Proyek Litbangyasa Tahun 2019 dan Usulan Judul Tahun 2020

Baristand Industri Padang selalu berupaya menghasilkan inovasi dalam setiap kegiatan penelitian, pengembangan dan perkayasaan (litbangyasa) yang dilakukan. Pada hari Kamis (14/2/2019) lalu, telah dilaksanakan rapat pembahasan desain proyek tahun 2019 dan usulan judul litbangyasa tahun 2020. Kegiatan tersebut diikuti oleh Kepala Baristand Industri Padang, Ir. Arhamsyah, M.P. beserta para peneliti dan perekayasa Baristand Industri Padang.

Dalam rapat ini dipaparkan empat desain proyek litbangyasa tahun 2019 dan delapan usulan judul litbangyasa tahun 2020.

Desain proyek dan usulan judul litbangyasa sebagian besar berfokus pada pemanfaatan komoditi pertanian lokal yang belum dieksplor secara optimal seperti jeruk siam muda, kundur, asam kandis, kelapa sawit, gambir dan cassiavera untuk menghasilkan olahan produk yang bernilai jual tinggi. Penelitian-penelitian tersebut diharapkan dapat menjadi upaya pemecahan masalah industri (problem solving) bagi daerah penghasil komoditi tersebut sehingga mampu meningkatkan kualitas hasil produksi dari Industri Kecil dan Menengah (IKM).

Selain itu, kegiatan litbangyasa yang dirancang juga berorientasi pada revolusi industri 4.0 melalui penerapan otomasi dalam teknologi industri pengolahan hasil pertanian pasca panen serta penggunaan internet dalam meningkatkan produktivitas dan kreativitas IKM dalam memasarkan produknya. Dengan ini Baristand Industri Padang berharap agar penelitian-penelitian yang dilakukan mampu meningkatkan produktivitas dan daya saing industri di tingkat lokal maupun nasional.


TAG