Logo

Balai Riset dan Standardisasi Industri Padang

images

Riset Olahan Bengkuang Sehat dan Kekinian ala Baristand Industri Padang

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan umbi-umbian yang satu ini. Bengkuang atau bengkoang (Pachyrhizus erosus) merupakan maskot kota Padang dan kerap dijumpai dijual di sisi-sisi jalanan kota Padang. Bengkuang memiliki aroma dan rasa yang tidak terlalu menonjol serta memberikan efek mendinginkan pada tubuh jika dimakan. Selama ini pemanfaatan bengkuang hanya sebatas dikonsumsi dalam bentuk segar atau bahan campuran dalam rujak serta sebagai bahan baku pembuatan bedak dingin tradisional oleh petani bengkuang.

Penganekaragaman atau diversifikasi produk olahan menggunakan bahan baku bengkuang dapat meningkatkan ketahanan pangan berbasis potensi non-beras yang saat ini tengah digalakkan serta merangsang tumbuhnya industri kecil dan menengah terutama di sentra penghasil bengkuang. Hal ini pula yang dilakukan oleh tim peneliti dari Baristand Industri Padang melalui kegiatan riset untuk meningkatkan nilai tambah tanaman ini.

Seperti diungkap oleh Ir. Wilsa Hermianti selaku Kepala Seksi Teknologi Industri, “Baristand Industri Padang telah menghasilkan sejumlah produk olahan bengkuang seperti tepung bengkuang sebagai pengganti tepung ketan atau tepung beras, tepung bengkuang termodifikasi sebagai enkapsulan, minuman probiotik dari bengkuang, hingga aneka olahan kue seperti kue sagun, cake, pie, wafle dan dodol bengkuang”.

123_-_Copy

 “Bengkuang yang diolah menjadi tepung sebaiknya yang berumur 5 – 6 bulan. Semakin tua bengkuang yang diolah, rendemen tepung yang diperoleh akan semakin banyak namun seratnya lebih kasar dan banyak. Tepung bengkuang diolah dengan mencuci bersih bengkuang, selanjutnya mengupas dan mengirisnya tipis-tipis, kemudian menjemur bengkuang dibawah sinar matahari atau mengeringkannya dalam oven pada suhu 60°C, lalu menghaluskan dan mengayaknya hingga diperoleh serbuk tepung,” ungkapnya menjelaskan proses pembuatan tepung bengkuang.

Lebih lanjut, tepung bengkuang ini selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan kue sagun, yaitu penganan tradisional yang biasanya dijadikan sebagai oleh-oleh. Olahan penganan ini bernilai gizi tinggi mengingat bengkuang kaya akan vitamin C, kalsium, fosfor, serat pangan dan inulin.

P_20180503_104040_Fotor
Kasie Teknologi Industri Baristand Industri Padang, Ir. Wilsa Hermianti
menunjukan produk kue kering bengkuang

 

Hasil riset peneliti lainnya, Dr. Gustri Yeni, M.P, adalah produk tepung termodifikasi yang diolah melalui proses lintnerasi, yaitu hidrolisis tepung bengkuang dengan asam secara lambat dengan bantuan enzim sehingga dapat dimanfaatkan sebagai penyalut tipis (enkapsulan) yang memiliki fungsi seperti produk maltodekstrin. Tepung bengkuang termodifikasi ini juga dapat digunakan sebagai penstabil pada minuman yoghurt dari bengkuang.

98590_Fotor
Ibu Martha Tilaar bersama Kepala Baristand Industri Padang, Dra. Prima Yudha Hayati, M.T.A.
dan Peneliti Baristand Dr. Gustri Yeni, M.P. saat penandatanganan MoU Baristand Industri Padang dengan PT. Martina Berto

 

Olahan bengkuang lainnya adalah minuman probiotik yang dibuat dari ekstrak bengkuang yang dibuat dengan mencampurkan ekstrak bengkuang dengan air, gula, susu dan kultur starter bakteri probiotik secara aseptis dan higienis. Menurut penelitinya, Yulia Helmi Diza, M.P., minuman probiotik berbahan baku bengkuang ini mampu memberikan beragam manfaat untuk kesehatan, diantaranya meredakan diare, meredakan konstipasi, aman bagi penderita intoleransi laktosa, menurunkan resiko radang usus besar, menstimulasi kekebalan sistem pencernaan, serta menghambat pertumbuhan bakteri patogen.

Untuk meningkatkan pemanfaatan hasil penelitian yang telah dilakukan, Baristand Industri Padang melakukan kerjasama dengan sejumlah pihak, seperti CV. WH8 yang memproduksi olahan cake, dodol dan yoghurt bengkuang, serta PT. Martina Berto sebagai produsen kosmetik yang menggunakan bahan tepung bengkuang termodifikasi hasil riset Baristand Industri Padang.

Selain melaksanakan riset di bidang pangan tradisional, Baristand Industri Padang juga melayani jasa layanan pelatihan industri dan SDM untuk teknologi pengolahan pangan, hasil pertanian, perkebunan dan hasil laut, gambir dan cassiavera, serta pelatihan dan konsultansi sistem manajemen mutu laboratorium, teknologi penanggulangan pencemaran industri serta peralatan proses teknologi tepat guna (TTG).


TAG