Logo

Balai Riset dan Standardisasi Industri Padang

images

Terapkan Permenperin No. 79/M-IND/PER/12/2016, Baristand Padang Gandeng Bank Nagari Kerjasama Penggunaan Pembayaran Sistem e-Billing

Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintah mengatur bahwa Pemerintah Pusat diwajibkan untuk menerapkan akuntansi berbasis akrual dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan selambat-lambatnya mulai tahun 2015.

Laporan Operasional (LO) merupakan salah satu bentuk laporan keuangan pemerintah. Dalam Laporan Keuangan terdapat Pos Pendapatan LO yang merupakan salah satu pos utama yang secara tidak langsung mempengaruhi Laporan Perubahan Ekuitas dan Neraca.

Dalam rangka pengelolaan Pendapatan LO yang berlaku dilingkungan Kementerian Perindustrian maka diperlukan petunjuk teknis akuntansi pendapatan berbasis akrual yang berlaku sebagai kebijakan bakuntansi yang diterapkan dalam pelaporan keuangan pada seluruh entitas akuntansi dan entitas pelaporan Kementerian Perindustrian.

Petunjuk teknis Akuntansi Berbasis Akrual di lingkungan Kementerian Perindustrian dimaksudkan sebagai acuan bagi pengelola keuangan dalam  rangka mengelola pendapatan LO yang berbasis akrual. Hal ini bertujuan untuk menyeragamkan persepsi dan pemahaman dalam pengelolaan pendapatan pada masing-masing satuan kerja sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku.

 


TAG

Tinggalkan Komentar