Logo

Balai Riset dan Standardisasi Industri Padang

images

Capacity Buliding di Lawang Park

Tingkatkan Kinerja dan Produktifitas, Baristand Industri Padang Laksanakan Kegiatan Capacity Building

Setelah beberapa kali tertunda, akhirnya pada tanggal 16-17 September 2017 Baristand Industri Padang melakukan acara Capacity Building yang dilakukan di Lawang Adventure Park kabupaten Agam, Sumatera barat.  Acara ini diikuti oleh 53 karyawan baristand industri padang. Walaupun acara dilakukan disaat libur kerja, namun semua karyawan sangat antusias untuk mengikuti ini dibuktikan dengan sudah berkumpulnya seluruh karyawan datang tepat waktu di lokasi keberangkatan. Sebelum melakukan perjalanan seluruh karyawan melakukan foto bersama, absen dan doa bersama yang dipimpin oleh ibu kepala baristand ind padang sendiri yaitu Ibu Prima Yudha hayati. Perjalanan dimulai tepat pukul 07.30 dengan menggunakan 2 bus yan berbeda, selama perjalanan seluruh karyawan sangat menikmati waktu-waktu kebersamaan di dalam bus, sepanjang perjalanan diisi dengan gelak tawa dan acara karaoke bersama hingga tak terasa 5 jam telah berlalu.

 

Setibanya di Lawang Adventure Park kabupaten Agam, Sumatera barat seluruh karyawan disambut oleh Tim Event organizer  dari Mitra HRD yang akan menjadi fasilitator kegiatan capacity building ini. Dilakukan pembukaan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan perkenalan singkat dari tim EO yang akan bertugas dengan seluruh karyawan yang hadir. Acara capacity building ini dimulai dengan acara bersama di alam terbuka, seluruh karyawan melakukan beberapa permainan secara perkelompok, permainan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan semangat tim serta dapat meningkatkan kinerja tim.

 

Pada malam hari, diisi dengan materi tentang pemahaman performance problems analisys dan MBTI/Konsep pemahaman karakter diri dan orang lain.  Materi ini disampaikan oleh Pak Muhammad Zuhrizul, SE selaku pemotivasi yang telah bersertifikat dari Badan Nasional Setifikat Profesi sebagai Kefasilitasan Experiental Learning Utama Outbound Guide.  Diharapkan setelah acara seluruh karyawan dapat lebih mengerti pentingnya kepercayaan diri (Trust), Komunikasi yang efektif (Effective Communication), dan kerjasama tim (Team Work) dalam rangka mensukseskan target tim dan Membangun the winning Team yang kokoh dan berkomitment sebagai pondamen organisasi, serta meningkatkan keterampilan interpersonal tentang berbagai isu yang berkembang di kantor dan memberikan umpan balik (feed back) positif untuk meningkatkan produktifitas kerja.

  

Hari kedua kebersamaan kami dimulai dengan senam pagi bersama sambil menghirup udara yang sangat segar dari pepohonan disekitar gunung, walaupun waktu tidur dirasa kurang namun seluruh karyawan sangat menikmati setiap acara yang diselenggarakan oleh fasilitator dari Mitra HRD. Seluruh karyawan melakukan jalan santai menyusuri jalan setapak, melewati hutan dan berbagai pemandangan indah untuk dapat mensyukuri betapa indahnya alam Indonesia ini, menumbuhkan rasa cinta dan keinginan untuk menjaga alam ini bersama.  Setelah itu acara dilanjutkan dengan permainan secara berkelompok dan setiap kelompok diharuskan untuk menyelesaikan berbagai penugasan yang telah disiapkan oleh fasilitator.  Permainan ini bertujuan untuk mengetahui langkah untuk mentransformasi sekelompok individu menjadi sebuah tim yang efektif. (Effective Team), merencanakan tindak lanjut untuk mengembangkan dan memelihara kerjasama tim di tempat kerja. (Team Building), memahami tuntutan dan perubahan peran sebuah tim di dalam kantor pada masa mendatang. (Visioner) serta memahami People Perfomance Analisys dalam Organisasi dan dalam Menilai Kinerja Team sebelum mengambil Keputusan Terhadap karyawan. Acara ditutup dengan pembacaan bersama visi dan misi Baristand Industri Padang agar mengingatkan kembali dengan maksud dan tujuan bekerja sebagai karyawan Baristand Industri Padang. --rf, fgw, gpr--

 

 


TAG

Tinggalkan Komentar