Logo

Balai Riset dan Standardisasi Industri Padang

Sertifikasi SPPT SNI

Lembaga Sertifikasi Produk Baristand telah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan Nomor Akreditasi LPro-038-IDN dengan ruang lingkup jasa sertifikasi produk bagi industri/distributor maupun perorangan yang telah menerapkan sistem mutu ISO 9001 secara konsisten dan memenuhi standar (SNI maupun standar lain) yang diacu.

Lingkup Sertifikasi LSPro Padang antara lain:

  1. Air Minum Dalam Kemasan (SNI 01-3553-2006)
  2. Garam Konsumsi Beryodium (SNI 01-3556-2010)
  3. Pupuk KCl (SNI 02-2805-2005)
  4. Pupuk TSP (SNI 02-0086-2005)
  5. Karet SIR (SNI 06-1903-2000)

 

Sesuai dengan standar SNI ISO/IEC 17065:2012 Butir 4.6 tentang Ketersediaan Informasi Publik, maka LSPro Padang memberikan akses kepada publik untuk mengakses atau mendapatkan penjelasan/dokumen mengenai ketentuan sebagai berikut:

  1. Informasi tentang (atau referensi) skema sertifikasi, termasuk prosedur evaluasi, peraturan dan prosedur untuk pemberian, pemeliharaan, perluasan ruang lingkup, mengurangi ruang lingkup, pembekuan, pencabutan, atau penolakan sertifikasi. LSPro Padang memiliki Skema Sertifikasi terhadap ruang lingkup akreditasi, skema ini dibuat dan dikaji ulang oleh Tim Penyusun Skema Sertifikasi LSPro Padang yag terdiri dari pihka LSPro Padang maupun Asosiasi. Sementara prosedur yang mengatur tentang evaluasi, peraturan dan prosedur untuk pemberian, pemeliharaan, perluasan ruang lingkup, mengurangi ruang lingkup, pembekuan, pencabutan, atau penolakan sertifikasi diatur dalam Prosedur LSPro Padang PS 7.2.b, PS 7.3, dan PS 7.6.
  2. Uraian tentang cara-cara lembaga sertifikasi memperoleh sumber dana, dan informasi umum tentang biaya yang dikenakan kepada pemohon dan klien. LSPro Padang sebagai Unit Pelayanan Publik dibidang Sertifikasi Produk berada dibawah kendali Balai Riset dan Standardisasi Industri Kementerian Perindustrian. LSPro Padang memperoleh sumber dana yang berasal dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang ditetapkan dalam DIPA Baristand Industri Padang. Hal ini diatur dalam Prosedur LSPro Padang PS 4.3. Sementara itu, informasi umum tentang biaya sertifikasi mengacu pada PP 47 Tahun 2011 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kementerian Perindustrian, pada halaman 136-137.
  3. Uraian tentang hak dan kewajiban pemohon dan klien, termasuk persyaratan, larangan atau pembatasan atas penggunaan nama lembaga sertifikasi dan tanda sertifikasi dan cara mengacu sertifikasi yang telah diberikan. LSPro Padang mempunyai kebijakn yang mengatur tentang hak dan kewajiban pemohon dan klien, termasuk persyaratan, larangan atau pembatasan atas penggunaan nama lembaga sertifikasi dan tanda sertifikasi dan cara mengacu sertifikasi yang telah diberikan. Hal ini dituangkan dalam Prosedur LSPro Padang PS 4.1.3.a (Otorisasi Lisensi) dan PS 4.1.3.b (Penggunaan Lisensi).
  4. Informasi tentang prosedur penanganan keluhan dan banding. LSPro Padang memiliki prosedur yang mengatur tentang penanganan keluhan dan banding. Prosedur ini dituangkan dalam PS 7.13 tentang Penanganan Keluhan, Banding, dan Perselisihan.

Catatan: Semua Prosedur dan Skema Sertifikasi dapat diminta softcopy maupun hardcopy dengan mengunjungi Sekretariat LSPro Padang Jl. Raya LIK No. 23 Ulu Gadut Padang.

 

Berikut standar pelayanan minimum yang berlaku di LSPro Padang.

spm-1

 

spm-2

Kelengkapan Dokumen untuk Proses Sertifikasi SPPT-SNI dapat di download disini[button href="http://insannulkamil.com/baristand/wp-content/uploads/2014/11/Format-Isian-Pelanggan-LSPro-Padang.zip" size="small"]Download Disini[/button]