Unit Pendukung
Logo

Balai Riset dan Standardisasi Industri Padang

Unit Pendukung

LABORATORIUM PENGUJIAN

Laboratorium Pengujian Baristand Industri Padang telah memperoleh sertifikat akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan nomor akreditasi LP-607-IDN.

Laboratorium Lingkungan

Laboratorium Lingkungan mampu melakukan pengujian air minum, limbah cair industri, air sungai, air danau, air laut, dan air permukaan. Di samping itu, laboratorium ini juga dapat melakukan pengujian di lapangan meliputi udara emisi cerobong pabrik, udara emisi genset, udara emisi insenerator, udara ambien di sekitar pabrik, lingkungan kerja, dan pemukiman serta kebisingan di area kerja.

Laboratorium Makanan dan Minuman

Laboratorium Makanan dan Minuman mampu melakukan pengujian berbagai komoditi pangan dengan parameter uji antara lain kadar protein, kadar lemak, kadar karbohidrat, kadar air, kadar abu, bilangan asam, kekentalan, serta bahan tambahan seperti pewarna, pemanis, pengembang dan lain-lain.

Laboratorium Semen dan Aneka Komoditi

Laboratorium ini mampu melakukan pengujian mutu berbagai produk semen dan bahan bangunan yang terbuat dari semen, pengujian bahan galian, kapur, berbagai jenis pupuk dan sebagainya.

Laboratorium Mikrobiologi

Laboratorium Mikrobiologi mampu melakukan pengujian produk untuk berbagai parameter di bidang mikrobiologi seperti Angka Lempeng Total, Escherichia Coli, Salmonella, Kapang, Khamir, Clostridium, Bakteri Coliform dan jenis bakteri mikro lainnya

Laboratorium Instrumen

Laboratorium Instrumen mampu melakukan pengujian aneka logam dan ion dalam produk pangan, air/limbah cair dan bahan mineral seperti Timbal, Tembaga, Kadmium, Seng, Mangan, Merkuri, Arsen dan lain-lain.

   

UNIT PENDUKUNG

Unit perbengkelan

Merupakan unit pendukung dalam bidang rancang bangun dan perekayasaan industri (RBTI) dalam berbagai proses perbengkelan mesin seerti pengelasan (welding), pembubutan (turning), pemotongan material (cutting), permesinan (machining), pembentukan (forming) dan berbagai macam proses perbengkelan serta peralatan/mesin untuk rancang bangun/perekayasaan.

Unit Perpustakaan

Sampai saat ini Baristand Industri Padang telah memiliki lebih dari 2000 judul buku, berbagai macam majalah ilmiah, buletin, bidang penelitian dan publikasi lainnya. perpustakaan ini selain digunakan untuk kalangan sendiri juga terbuka untuk umum